10Mei

Ummi Rohmi Paparkan Strategi Wujudkan Posyandu Keluarga

Mataram-Untuk mewujudkan revitalisasi Posyandu menjadi pusat edukasi dan solusi utama permasalaham kesehatan di Provinsi NTB, Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, memaparkan beberapa strategi saat menjadi narasumber dalam Webinar Penguatan Posyandu Keluarga yang digelar Pemprov NTB bekerjasama dengan Dinas Kesehatan NTB, Senin (10/5).

Ummi Rohmi menjelaskan, dibutuhkan komitmen yang kuat antara pemerintah kabupaten dan desa, dengan membentuk Pokja Posyandu Desa. Menambahkan 3 meja pelayanan yang semula 5 menjadi 8, yaitu meja untuk remaja, Posbindu, dan Lansia. Menambahkan tiga SDM untuk tambahan 3 meja . Sehingga akan menciptakan tempat dan waktu yang fleksibel serta penambahan alat relatif murah.

Sementara itu, Ketua TP-PKK NTB Hj. Niken Zulkieflimansyah juga menjelaskan, Dasawisma dimulai dari pusat sampai ke desa, yang terdiri dari kelompok ibu dari 10 kepala keluarga (KK), yang melakukan aktivitas bermanfaat bagi keluarga seperti dalam meningkatkan ketahanan keluarga, baik ekonomi, pendidikan maupun kesehatan.

Hingga saat ini, peta sebaran posyandu keluarga per April 2021 di Provinsi NTB sebanyak: Kabupaten Lombok Utara 208, Kabupaten Lombok Timur 1844, Kabupaten Lombok Barat 126, Lombok Tengah 244, Kabupaten Sumbawa Besar 104, Sumbawa 414, Dompu 428, Kabupaten Bima 481, dan Kota Bima 99.

Tinggalkan Komentar